Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bom Bunuh Diri Afganistan Tewaskan 15

Kompas.com - 15/05/2008, 17:50 WIB

KABUL, KAMIS - Pelaku bom bunuh diri tunggal melaksanakan aksinya di sebuah pasar padat pengunjung di Afganistan barat Kamis (15/5) sehingga menewaskan 15 orang dan menciderai 22 orang lainnya. Tiga anggota polisi diantaranya seorang kepala kepolisian distrik setempat serta 12 warga sipil merupakan diantara korban tewas.

Polisi sempat menghadang pelaku bom bunuh diri beberapa detik sebelum pelaku bom bunuh diri yang mengenakan burka itu meledakkan dirinya di distrik Dilaram, provinsi Farah. Pemerintah Afganistan menghadapi serangan bersenjata pimpinan Taliban yang gencar dilaksanakan di wilayah timur dan selatan.

Kalangan milisi melancarkan lebih 140 serangan bom bunuh diri di Afganistan pada tahun 2007. Sebagian besar korban tewas dalam serangan bunuh diri ini adalah warga sipil.

Sekitar 1.200 orang, sebagian besar milisi, tewas dalam aksi kekerasan tahun 2008 ini. Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerangkan lebih dari 8.000 orang, sebagian besar milisi, tewas dalam aksi pemberontakan melawan pasukan pemerintah pada tahun 2007.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com