Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Beijing Buka Terminal Kebanggaan China

Kompas.com - 29/02/2008, 13:57 WIB

BEIJING, JUMAT -  Menyambut limpahan pengunjung dari mancanegara menjelang Olimpiade 2008, Beijing membuka terminal baru di bandara internasionalnya, Jumat (29/2).

Terminal baru yang disebut Terminal 3 itu terbuat dari struktrur baja dan kaca raksasa, sehingga tampak sangat megah. Terminal itu satu jam perjalanan jauhnya dari provinsi Shandong di China timur.

Beberapa puluh penumpang pertama yang datang pertama kali di terminal itu disambut dengan kalungan karangan bunga. Sebuah pesawat milik maskapai British Airways mendarat beberapa jam kemudian. Satu grup berisi 10 musisi memainkan instrumen tradisional dalam upacara pembukaan yang dihadiri sejumlah pejabat China.
       
Terminal, landasan dan seluruh infrastruktur yang terkait dibangun hanya dalam waktu empat tahun. Jadwal pembangunan itu dimampatkan sedemikian rupa untuk memastikan bisa digunakan sebelum pelaksanaan Olimpiade 8-24 Agustus 2008.
       
Pilar-pilar berwarna merah dan atap emas itu dimaksudkan untuk membangkitkan citra istana dan kuil-kuil China. Atap kaca berbentuk limas yang terbuka di beberapa sisinya memberikan ruang bagi udara semilir untuk menyejukkan seluruh bagian ruangan.
       
Di terminal baru itu disediakan restoran 64 restoran barat dan China, 90 toko ritel dan sistem penanganan bagasi yang tertata. Untuk antar-jemput penumpang dari bandara dan kota atau sebaliknya, disediakan kereta komuter berkecepatan tinggi. Landasan terminal itu cukup besar untuk melayani pesawat superjumbo A380.

Dalam sebuah konferensi pers  pekan ini, Dong Zhiyi, deputi general manager Capital Airport Holding Co, menyebut proyek itu merupakan kebanggaan bangsa China.

Beijing sangat membutuhkan terminal baru, meski tidak ada ajang olimpiade, karena pertumbuhan ekonomi dua digit itu mau tidak mau membutuhkan perluasan infrastruktur.
       
Terminal kedua bandara itu, dibuka delapan tahun lalu, sudah mencapai kapasitas maksimalnya. Antrean panjang calon penumpang check-in dan penundaan penerbangan menjadi  kejadian yang lumrah.
       
Pejabat bandara memperkirakan setidaknya 64 juta pengunjung diperkirakan masuk ke China tahun ini, meningkat dari 50 juta pada 2006 dan 20 juta pada 2000.(AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com