Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Sambut Penambahan Pasukan AS di Afganistan

Kompas.com - 16/01/2008, 04:05 WIB

BRUSSELS, RABU - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jaap de Hoop Scheffer menyampaikan apresiasinya terhadap Amerika Serikat yang mengirimkan 3.200 personil pasukan tambahan ke Afganistan untuk menumpas pergerakan milisi Taliban.

" Sekjen NATO mengungkapkan rasa puas dan apresiasinya terhadap Menteri Pertahanan AS Robert Gates," tutur seorang juru bicara NATO di Brussels menanggapi penambahan pasukan AS ke Afganistan. Scheffer berharap pengerahan pasukan tambahan AS ini akan diikuti langkahnya oleh 26 negara anggota NATO.

Departemen Pertahanan AS, Pentagon, menjelaskan Presiden AS George W. Bush telah mengesahkan rekomendasi Gates untuk mengirim pasukan tambahan, yang sebagian besar akan dikerahkan ke Afganistan selatan dimana pertempuran besar sedang berkobar dalam tujuh bulan terakhir.

Para komandan NATO, yang didukung oleh AS, telah secara rutin mengajukan penambahan pasukan dari sekitar 33.000 personil pada bulan Januari 2007 menjadi sekitar 42.000 personil pada bulan Desember tahun yang sama. (AFP/JIM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com