Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan dari Kunjungan Bush di Ramallah

Kompas.com - 10/01/2008, 16:25 WIB

RAMALLAH, KAMIS - Kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush di Ramallah, Tepi Barat, Kamis (10/1), menghembuskan harapan penyelesaian konflik Israel-Palestina. Mengikuti tradisi Timur Tengah, Presiden Bush yang tiba di komplek istana Muqata, Ramallah,  memeluk dan mencium Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Presiden Bush, yang mendapat sambutan karpet merah dan pasukan kehormatan, berupaya menghabiskan tahun terakhir posisi puncak di Gedung Putih dengan mengantarkan Palestina dan Israel ke arah proses perundingan damai yang lebih serius.

Pertanyaan yang muncul dari misi penuh rasa skeptis Bush ini adalah bagaimana Mahmoud Abbas yang mendapat dukungan dari negara Barat dapat menjamin perdamaian dengan Israel. Sikap skeptis muncul karena Abbas memegang kekuasaan di Tepi Barat tetapi pada saat yang sama milisi Hamas menguasai wilayah Jalur Gaza.

Meskipun secara politis berposisi lemah, Mahmoud Abbas berharap kunjungan Bush ke Ramallah akan meningkatkan kedudukannya di antara warga Palestina, yang sangat berharap dapat mencapai negara Palestina yang merdeka, selain adanya perkembangan terhadap masalah pendudukan Isreal.

Dalam pertemuannya di Yerusalem Rabu (9/1), Presiden Bush menaruh harapan besar terhadap prospek perdamaian Israel-Palestina."Saya sedang tidak di bawah pengaruh ilusi. Memang masalah ini akan menjadi tugas berat,"demikian diakui Bush soal masalah komplek yang akan menghalangi proses damai Israel-Palestina. (Reuters/JIM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com