Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Akui Kalah di New Hampshire

Kompas.com - 09/01/2008, 11:05 WIB

MANCHESTER, RABU - Senator Illinoi Barack Obama mengakui kekalahan atas Hillary Clinton, Senator New York dalam pemilihan pendahuluan New Hampshire, Selasa (8/1).

"Saya ingin mengucapkan selamat pada Senator Clinton atas kemenangan hasil pertarungan keras di sini," kata Obama sesaat setelah melihat perkembangan penghitungan suara.

Sebenarnya penghitungan suara masih menyisakan 25 persen kelurahan (precinct), namun keunggulan Clinton yang mencapai 39 persen tidak lagi terkejar oleh Obama yang baru 36 persen. "Saya sudah siap untuk bertarung lagi," kata Obama.

Sebelumnya, pengumpulan suara Clinton dan Obama sangat ketat. Dari 60 persen suara yang dihitung, Clinton unggul 3.000 suara. Meski tipis, keunggulan ini akan memberi semangat baru bagi Clinton yang kalah telak dari Obama dalam kaukus Iowa. Para pendukung calon presiden AS perempuan pertama ini pun terus meneriakan namanya, "Hillary... Hillary..."

Tampaknya kelompok pemilih perempuan New Hampshire melimpahkan dukungannya kepada Clinton. Ini berbeda dari Iowa, yang kaum perempuannya lebih memilih Obama. Jajak pendapat oleh Fox dan CNN menunjukkan Clinton mendapat dukungan 47 persen perempuan.

Sedangkan mantan senator John Edwards yang tidak beranjak dari posisi ketiga berjanji tidak akan keluar dari arena pertarungan. Itu dia tegaskan dalam pidato sesaat setelah pemungutan suara ditutup.(AP/RTR/SAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com